1000 Pohon Ditanam di Purwosari Gunungkidul, Ternyata ini Pemicunya
Tanam
Penanaman Pohon di Purwosari Gunungkidul (Sumber : Rumah Zakat)

JOGJACORNER.ID - Rumah Zakat bersama Jaringan Relawan Nusantara dan Himpunan Mahasiswa Kampus Surya Global menanam 1000 pohon, di Sumber Air Kali Tangis di Desa Giripurwo, Kapanewon Purwosari, Kabupaten Gunungkidul DIY, Minggu (27/11/2022).

Kegiatan itu dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Nasional. Jenis pohon yang ditanam antara lain Akasia Mangium, Ketapang dan Duwet. 

Tujuan dari Penanaman ini adalah untuk pelestarian alam khususnya di titik-titik sumber air, mengingat kondisi geografi Gunungkidul adalah bebatuan dan sulit menyimpan cadangan air, sehingga dengan memperbanyak pohon-pohon harapanya bisa menjadi penahan air yang baik dan menjaga kelestarian alam.

Kegiatan hari ini di hadiri oleh 50 tamu undangan yang terdiri dari Kepala Panewu Kapanewon Giripurwo Bapak Wahyu Ardi Nugroho, S.STP, MA. , Lurah Kalurahan Purwosari Bapak Supriyadi, team Rumah Zakat, Relawan , serta kelompok tani sekitar dan para mahasiswa dari Kampus Surya Global. 

Dalam sambutanya, Panewu Purwosari Wahyu Adi menyampaikan rasa syukur dan bahagia dengan kegiatan pengabdian lingkungan ini.

"Alhamdulillah renungan hati saya di ijabah sama Allah untuk mengembalikan kondisi alam, salah satu nya dengan menanam pohon sebagai ikhtiar kecil yang insyaAllah Allah yg akan menjamin dan memperbaiki lingkungan," katanya.

Ia juga menyebut, salah satu poin SDGs yaitu no one behind (tidak boleh ada salah 1 yg tertinggal) termasuk kemiskinan, salah satu penyebab kemiskinan adalah kekurangan air.

Lewat kegiatan ini ia berharap bisa terus berlanjut untuk menyelesaikan masalah kekurangan air yaitu dengan penanaman pohon.