Ikuti Perkembangan Teknologi, Ini 6 Rekomendasi Metode Mengajar yang Bisa Diterapkan Dosen
Dosen
Metode pembelajaran yang bisa diterapkan dosen (Sumber : Ilustrasi Pixbay)

JOGJA-Pada proses pembelajaran, metode pembelajaran menjadi hal yang sangat penting, sebab ketepatan dan keefektifan penggunaan metode ini akan membuat  materi yang disampaikan oleh dosen akan dapat tersampaikan dengan baik. Untuk itu dosen harus senantiasa memperbarui metode mengajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa saat ini.


Melansir dari akun instagram @ditjen,dikti, berikut 6 metode mengajar dosen masa kini
1.    Melibatkan isu terkini
Sebagai mahasiswa, seharusnya kritis terhadap isu-isu terkini, untuk itu sebagai dosen perlu untuk update dan akrab dengan isu-isu yang sedang hangat dibicarakan. Dengan mengangkat isu-isu dalam sebuah pembelajaran, tentunya suasana kelas akan hidup karena adanya diskusi terkait isu-isu baru untuk ditanggapi oleh mahasiswa.

2.    Memberikan tugas project
Tugas project yang dimaksudkan adalah, tugas yang dapat menghasilkan sebuah produk untuk dijadikan bahan belajar. Misalnya saat belajar bisnis perdagangan (e-comerce), dosen dapat memberikan tugas untuk menjual produk di intenet. Dengan hal ini, maka mahasiswa dapat mengasah keterampilan dan merealisasikan ide untuk menghasilkan produk nyata.

3.    Memanfaatkan teknologi visual
Di era perkembangan zaman ini, mahasiswa dituntut untuk melek tehadap teknologi, sehingga dosen perlu meningkakan kemampuan mengajarnya mengikuti perkembangan teknologi seperti teknologi visual, yaitu dengan menggunakan video pembelajaran dalam bentuk ilustrasi.

4.    Melakukan observasi nyata
Dosen dapat mengajak mahasiswa untuk melakukan pengamatan dan praktik terhadap materi pembelajaran seperi pbservasi ke lapangan. Nantinya mahasiswa dapat membuat laporan obsesrvasi dalam bentuk karya ilmiah.

5.    Berorientasi pada kewirausahaan dan kreativitas
Dosen dapat menghubungkan suatu matakuliah dengan kewirausahaan dan kreativitasnya, seperti desain grafis, content writer, content creator, dan sebagainya, kemudian dosen dapat mengarahkan siswa untuk membuat website atau blog pribadi untuk konten pemasaran digital yang dapat meningkatkan daya kreativitas dan kewirausahaan mahasiswam.

6.    Sisem blended learning
System ini merupakan system pembelajaran yang tidak hanya terpaku pada system pembelajaran tatap muka, namun dosen dapat mengkreasikan dengan memanfaatkan eknologi seperi menggunakan media sosial seperi blog, website, grup obrolan, dan sebagainya untuk membagikan link materi atau tugas untuk mahasiswa.