Bisa Jadi Ide Bisnis Menjanjikan, Simak Tips Pengembangan Jasa Pemasaran Digital
digital marketing
Ilustrasi bisnis digital marketing (Sumber : Ilustrasi Pixbay)


JOGJA-Pesatnya perkembangan teknologi menyebabkan pemasaran produk saat ini lebih banyak menggunakan teknologi digital atau digital marketing. Cara ini dianggap lebih efektif daripada cara tradisional. Kabar baiknya, saat ini tidak semua perusahaan  membentuk departemen digital marketing tersendiri dan ingin menggunakan jasa pihak lain. Artinya, peluang bisnis penyedia jasa di bidang  digital marketing  masih terbuka.

Di bawah ini, Jogjacorner.id merangkum dari YouTube @DendySantoso terkait beberapa tips bagi Anda yang ingin membangun layanan digital marketing.  Untuk memulai bisnis digital marketing, Anda harus  terlebih dahulu  memahami  dunia digital marketing dan fungsinya. Pemasaran digital adalah semua jenis pemasaran yang dilakukan secara online melalui berbagai platform digital atau dalam bentuk media sosial, aplikasi seluler, email, mesin pencari, situs web, dll.

Ada beberapa alasan mengapa jasa digital marketing menjadi penting, antara lain untuk meningkatkan kredibilitas sebuah brand atau bisnis. Selain itu, perusahaan dapat lebih mudah menentukan target pasarnya dan mencegah pesaing memonopoli pasar. Dalam hal ini, pemasaran digital  juga dapat menjaga loyalitas pelanggan,  menjadi alat untuk mengintegrasikan berbagai platform pemasaran dan tetap relevan seiring perkembangan dunia digital. Untuk membangun bisnis jasa digital marketing  profesional, Anda harus terlebih dahulu memahami teknik dan pengetahuan digital marketing yang baik. Anda juga harus memiliki pengetahuan teknis yang memadai.

Kedua, perluas portofolio Anda. Pasalnya, pengguna lebih memilih untuk menyewa jasa digital marketing yang handal dan profesional dalam menangani berbagai transaksi.

Baca Juga: Resep Es Teh Ala Restoran, Ide Bisnis Kekinian yang Dijamin Cuan

Ketiga, penting untuk memperluas portofolio Anda sehingga Anda dapat menarik pelanggan atau klien untuk menggunakan layanan yang Anda tawarkan.  

Keempat, memperluas jaringan relasi dalam pengembangan usaha. Karena mereka bisa menjadi  pelanggan potensial dari layanan digital marketing yang Anda tawarkan. Membangun relasi juga bisa mendorong Anda untuk bertemu dengan pakar digital marketing sehingga Anda bisa belajar banyak dan mendapatkan pengalaman untuk terus mengembangkan bisnis Anda dalam jangka panjang.

Kelima, iklankan bisnis Anda dengan baik agar  banyak orang mendengarnya. Anda juga bisa memberikan penawaran menarik tentunya dengan pelayanan yang baik. Jangan lupa untuk meminta testimonial atau ulasan untuk memberikan kepercayaan bisnis  calon pelanggan lainnya.

Keenam, terus tingkatkan keterampilan atau kompetensi untuk beradaptasi dengan keadaan terkini. Apalagi saat ini banyak kompetitor lain yang juga mengembangkan perusahaan jasa digital marketing. Karena itu, Anda harus terus memperbarui keterampilan Anda dengan mengikuti praktik terbaru dari setiap platform digital. Dengan begitu, Anda akan lebih memahami perkembangan platform digital yang saat ini memudahkan perusahaan untuk memasarkan secara online.*