Digitalisasi 30 Juta UMKM Indonesia, Simak Penjelasannya
Produk
Pemerintah Targetkan 30 Juta Produk UMKM Indonesia Masuk Pasar Digital di 2024 (Sumber : kemenparekraf.go.id)

JOGJACORNER.ID - Pemerintah menargetkan, 30 juta produk UMKM Indonesia, bisa masuk ke pasar digital di tahun 2024 mendatang. Penasehat Dharma Wanita Persatuan Kemenparekraf/Baparekraf, Nur Asia Uno berpendapat, sektor UMKM Indonesia punya banyak peluang dalam industri ekonomi kreatif.

"Dalam menjual produk unggulan," katanya melalui siaran pers tertulis, Jumat (3/2/2023).

Ia pun mencatat, selama dua tahun pandemi ada 17,5 juta UMKM yang telah masuk ke ekosistem digital. Sehingga untuk mencapai target digitalisasi bagi 30 juta UMKM pada tahun depan, tentu bukan hal yang sulit.

"UMKM kita saat ini sangat inovatif dalam meningkatkan kualitas produk dan mengangkat ciri khas daerah, karenanya kita harus dapat berkontribusi mendorong masyarakat agar berbelanja produk dalam negeri. Bangga buatan Indonesia," kata Nur Asia Uno.

Sementara itu, Rangkaian ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 turut diisi sejumlah kegiatan, salah satunya Pameran Pariwisata Indonesia, UMKM Ekonomi Kreatif dan Festival Kuliner, yang diikuti lebih dari 160 pelaku UMKM, pemerintah daerah, dan industri pariwisata dari berbagai daerah tanah air. Pameran tersebut berlangsung di Hall A Jogja Expo Center pada 2 hingga 5 Februari 2023.

Sementara Gusti Kanjeng Ratu Bendara selaku Ketua Panitia Pameran Pariwisata Indonesia, UMKM Ekonomi Kreatif, & Festival Kuliner, mengatakan kegiatan ini menjadi pembeda dari penyelenggaraan ATF sebelumnya.

Pameran ini membuka kesempatan bagi peserta terutama pemerintah daerah, industri pariwisata daerah untuk _rebound_ atau meningkatkan kembali penjualan, serta bagi pelaku UMKM dan industri ekonomi kreatif untuk menjual produk unggulan mereka dan memperluas pasar.